Flaming Pointer
Flaming Pointer
Flaming Pointer

Jumat, 27 April 2018

CONTOH FEATURE


TUGAS FEATURE
Nama     : Heni Cahyanti Putri
NPM      : 1503060081
Jurusan                : KPI SEMESTER V
Kelas     :  A
MK         : LAPORAN INVESTIGASI
Lomba Tingkat TK HMJ PIAUD
Puluhan peserta dari TK Se-kota Metro memadati ruang berukuran besar atau yang sering disebut Gsg IAIN Metro, sejak pukul 8.00 WIB. Setiap TK diwakili maksimal 5 peserta dan Peserta mewarnai tersebut hadir dengan didampingi guru dan orang tua murid serta masing-masing membawa alat mewarnai seperti krayon, tisu dan meja. Sebelum memasuki ruangan peserta dibekali dengan kertas lukis, nomor urut peserta lomba, serta snack yang berisikan aqua gelas, bronis, dua buah permen, serta risol tertata rapi dalam kotak bewarna kuning yang berukuran 20x20 cm.
Semua orang memasuki ruang dengan melepaskan alas kaki mereka, sehingga deretan sepatu terhampar luas di depan pintu masuk Gsg. Peserta memasuki ruang dengan sontak gemuruh lantaran tidak hanya pintu masuk, dalam ruanganpun dihias dengan puluhan balon warna warni layaknya acara pesta ulang tahun. Dalam ruang tersebut terlihat 30 panitia yang tampil kompak dengan mengenakan rok hitam, serta baju bebas dibalut dalam almamater dan jilbab merah. Mereka dari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) duduk tak beraturan di berbagai sudut ruang. Tak hanya mereka ada juga 10 dosen Jurusan PIAUD yang ikut membantu jalannya acara.
Acara dipandu oleh 2 instruktur cantik, dan dibuka oleh wakil dekan III, yang didampingi kepala jurusan serta dan kepala jurusan FTIK. “Kegiatan lomba menggambar dan mewarnai tingkat TK Se-Kota Metro dalam rangka memperingati hari pahlawan bertemakan "Hari Pahlawan Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa", Kamis (23/11). Tujuannya mampu memperkenalkan PIAUD di lingkungan kampus sendiri bahkan dalam masyarakat, dari hadirnya peserta dan wali murid,"ujar Putri, Ketua pelaksana.
Terdapat 3 juri yang menilai karya tersebut,1 juri dari dosen PIAUD sendiri dan 2 orang dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)Ikatan Mahasiswa Pecinta Seni (IMPAS) IAIN Metro, mereka duduk diatas panggung Gsg. Mereka bersebelahan dengan operator yang menampilkan vidio berisikan irama lagu anak-anak dan diselingi lagu bernuansa hari pahlawan dengan lcd proyektor di sudut kanan panggung.  Meski begitu keras dentuman musik, peserta tetap fokus dalam mengoreskan krayon ke dalam ketas A4 tersebut. Hal tersebut lantaran ada banyaknya juara yang diperebutkan. Diantaranya, juara 1,2,3 harapan, terfavorit dan terbaik.
Setelah semua karya dikumpulkan sambil menunggu pengumuman juara lomba tersebut, acara selanjutnya pembagian balon dan bingkisan. Balon dengan ukuran besar dan warna-warni serta memiliki tangkai yang panjangnya 50cm akan memudahkan mereka memegangnya, menariknya bingkisan itu di bungkus dalam plastik transparan ditali dengan pita coklat dan berisikan kue dengan berbagai ukuran. Disiapkan pula acara hiburan, nah didalam acara ini peserta diperbolehkan menampilkan kemampuannya. Seperti TK Raudatul Ulum(RU), ke 5 peserta itu menampilkan kemampuannya dalam hafalan surat pendek, ada 2 surat yang dibacaan yaitu surat Al-Fatihah dan surat Al-Humazah. Dari TK lain mereka menyanyikan lagu,diantara lagu pilihanya adalah balonku ada 5, ayah, topi saya bundar serta lagu bergenre islami cinta rosul, rukun iman dll. Karena ini acaraperdana Putri, Ketua Pelaksana berharap semoga bisa menjadikan acara ini prokja tahunan dari HMJ. Serta mampu mengembangkan kemampuan dan menjadi pengalaman berharga karena dapat membuat event  yang cukup besar pertama kalinya meskipun masing terbilang amatiran, dan memperkenalkan PIAUD dalam masyarakat luas meskipun jurusan ini belum lama terbentuk. Acara ini disambut baik masyarakat khususnya para Guru pendamping ketika diwawancarai “Seneng banget dengan acara ini, karena dapat menumbuhkan bakat  dan kreasi anak didik saya. Meskipun dari pihak kami sendiri tidak ada persiapan, ini bisa jadi pengalaman yang baik dan progres yang baru karena sajian acaranya berbeda dengan lomba mewarnai lainnya. Harapan saya tumbuh rasa Patriotisme atau Nasionalisme dalam diri anak sesuai dengan tema kegiatan ini,” ujar Novi, Guru pemdamping TK RU.Kegiatan ini berakhir dengan pembagian hadiah untuk para juara yang diperkitakan akan selesai  pukul 12.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar